Senin, 21 Oktober 2013

ASSIGNMENT 1

Manfaat Penerjemahan

Internet sudah menjadi suatu alat yang canggih dalam menghubungkan orang-orang dari berbagai belahan dunia. Juga memungkinkan suatu bisnis secara global dengan menghubungkan berbagai kelompok-kelompok pelanggan di berbagai negara. 
Meskipun semua manfaat-manfaat telah ada pada Internet, bahasa masih menjadikan suatu tantangan bisnis untuk mencapai pasar yang luas. Meskipun bahasa Inggris dirasa menjadi sebuah bahasa yang global dalam komunikasi bisnis, banyak negara-negara yang masih memilih untuk menggunakan bahasa lokal mereka.
Penerjemahan sudah membantu menghubungkan perbedaan ini menjadi lebih luas dengan membawa kelompok-kelompok yang yang memiliki perbedaan bahasa dan budayanya bersama-sama, memungkinkan mereka berhubungan secara efektif.

Mengapa Penerjemahan itu Penting?

  • Hanya sekitar 10% orang di dunia ini yang berbicara menggunakan bahasa Inggris. Terdapat kesempatan yang lebih besar untuk mencapai pasar di luar negara yang berbahasa Inggris, dengan bantuan jasa penerjemahan.
  • Adopsi internet di dunia mulai meningkat, orang-orang yang berhubungan melalui jaringan lebih sering daripada sebelumnya. Oleh karena itu, hal ini sangat penting untuk menerjemahkan isi jaringan menjadi bahasa-bahasa yang lainnya.
  • Banyak pasar-pasar berkembang seperti China, Brazil, Meksiko, dan sebagainya memiliki komunikasi bisnis yang kecil dalam bahasa Inggris. Orang-orang di negara itu berkomunikasi dalam bahasa mereka sendiri. Penerjemahan membantu menghilangkan hambatan-hambatan bahasa dan menghubungkan orang-orang di negara-negara tersebut.
  • Bacaan-bacaan sastra, buku-buku, dan novel-novel membutuhkan penerjemahan ke dalam macam-macam bahasa sehingga bisa dibaca oleh semua orang di berbagai negara.
Manfaat-manfaat Penerjemahan

  1. Menjangkau pembaca secara luas: mengapa tetap lokal ketika hasil-hasil dan jasa-jasamu bisa memenuhi kebutuhan pembaca secara luas? Penerjemahan membantu bisnismu membuka pasar yang tidak pernah ada sebelumnya.
  2. Perdagangan di Internet: Menjalankan bisnis online bukanlah tidak biasa; bahkan jika websitemu ditujukan untuk sebuah kelompok orang-orang tertentu dalam sebuah negara, mungkin kamu akan menjumpai orang-orang dari berbagai belahan dunia mengunjungi websitemu. Menerjemahkan isi dari websitemu ke dalam bahasa yang bervariasi akan membantu pengunjung dari seluruh dunia memahami tawaran-tawaranmu secara lebih baik dan akan membantu meningkatkan hasil penjualanmu.
  3. Penerjemahan teknis: Banyak perusahaan-perusahaan yang memiliki slogan khusus dan teks yang sangat teknis yang membutuhkan penerjemahan; hal ini biasa dijumpai di dalam pedoman-pedoman teknis, brosur produk, dll. Penerjemahan membantu mengubah dokumentasi teknis ke dalam bahasa-bahasa yang bervariasi, yang membantu pengguna di tempat yang berbeda dalam memahami slogan dengan lebih baik ke dalam bahasa mereka sendiri.
  4. Memahami identitas dan perbedaan budaya: Penerjemahan secara sederhana memberikan sebuah wawasan sikap-sikap dan budaya negara lain. Misalnya, ketika membaca buku-buku berbahasa Inggris karya Shakespeare, Agatha Christie atau George Orwell di dalam bahasa lain, kita belajar sesuatu tentang budaya dan mentalitas. Sebuah pengalaman serupa bisa dimiliki ketika melihat film-film berbahasa asing dengan subtitle bahasa Inggris.
  5. Perjalanan dan Wisata: Mungkin salah satu dampak yang paling besar dari penerjemahan adalah di dalam area perjalanan. Penerjemahan sudah memungkinkan orang-orang dari suatu negara menghargai dan memahami budaya dan keindahan negara lain.

Demikianlah, dapat disimpulkan bahwa penerjemahan memiliki beberapa manfaat; yang membuat dunia yang luas ini terlihat sangat kecil.

Source: http://www.outsourcingtranslation.com/articles/advantages-of-translation.php

0 komentar:

Posting Komentar